Wujudkan Program Desa Bebas Tuberkolosis, KMP -TB dan Yamali TB Bone Adakan Peningkatan Kapasitas

oleh -185 x dibaca

KAHU, TRIBUNBONEONLINE.COM–elompok Masyarakat Peduli Tuberkolosis atau disingkat KMP-TB Kecamatan Kahu Kabupaten Bone merealisasikan program desa bebas TB sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat dan pasien Tuberkolosis di Kecamatan Kahu.

Kegiatan ini diinisiasi bersama lembaga afiliasi Yayasan Masyarakat Peduli Tuberkolosis Sulawesi Selatan (Yamali TB Sulsel) sejak beberapa bulan lalu, dengan menggandeng masyarakat dari beberapa kalangan dalam suatu kelompok kepedulian.

Seperti diungkapkan Ahmad Zailan, SP, MP selaku Ketua KMP-TB, ini adalah bentuk kepedulian yang kami implementasikan dan tentu tidak mudah menargetkan kebersihan tingkat desa dari sebuah kasus penyakit yang mudah menyebar seperti Tuberkolosis ini, akan tetapi ini adalah program jangka panjang beberapa tahun kedepan yang kami sepakati bersama pemerintah desa, orang tua kami di Desa Maggenrang.

Turut diapresiasi H Nurdin selaku orang nomor satu di Desa Maggenrang. Ia menyampaikan, kegiatan ini sangat bernilai dan mengedepankan pendekatan kekeluargaan yang membutuhkan banyak proses dan kesabaran terlebih kita harus memahami aspek pemahaman masyarakat desa terkait kasus penyakit menular memang sangat sensitif untuk membahasnya.

Turut hadir mengawal kegiatan tersebut pihak dari Puskesmas Kecamatan Kahu, Nuraidah E, S.Kep.NS dan Saiful, SP selaku SSR Yamali – TB Kabupaten Bone bersama dengan narasumber yang dihadirkan untuk membawakan materi peningkatan Kapasitas Anggota KMP-TB, (Cand. Dr.) Muhlis, S.Kom.I, M.Kom.I.
Dalam materinya, Muhlis menyampaikan pentingnya melebur dengan masyarakat untuk menyentuh dan melihat pendekatan apa yang cocok digunakan bagi anggota KMP -TB untuk mewujudkan masyarakat Desa Bebas TB ini, terkait keorganisasian Ketua dan Anggota Kelompok Peduli TB ini harus dinamis dan elastis dalam pergerakannya. (*/dar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

No More Posts Available.

No more pages to load.