FUD Gelar Seminar Parenting Berwawasan Gender dan Penandatanganan MoU Dengan Pemdes Carigading

oleh -196 x dibaca

WATAMPONE, TRIBUNBONEONLINE.COM–Pada Kamis, 24 November 2022, bertempat di Masjid Jami’ Nurul Jihad Desa Carigading Kec. Awangpone Kabupaten Bone berlangsung seminar parenting berwawasan gender perspektif Islam, dihadiri sejumlah pejabat Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Bone, yakni dekan Dr. Sarifa Suhra, S.Ag, M.Pd.I, wakil dekan I Junaid bin Junaid, S.Ag, M.Th.I, wakil dekan II Dr. Muhahidin, M.Pd.I, kasubbag Agus Alam, S.Ag, M HI, Kaprodi IAT Drs. KH. Idris Rasyid, M.Pd.I, KPI Dr. Kurniati Abidin, S.Sos, M.Si dan kaprodi BPI H. Baharuddin, S.Pd.I, M Pd. beserta sekretaris prodi masing-masing. Hadir pula ketua penjamin mutu Fakultas Dr. Abdul Kallang, S.Th.I, M.Th.I, dan juga ketua penjamin mutu masing- masing prodi serta beberapa dosen dan pengurus organisasi mahasiswa FUD.

Tak ketinggalan Kepala Desa Carigading juga ikut andil bersama para staf desa. Paling menarik acara ini dihadiri ratusan orang warga setempat dengan latar belakang beragam baik dari aspek jenis kelamin, umur, maupun profesi, bahkan hadir pula sejumlah siswa Madrasah Aliyah yang ada di wilayah tersebut.

Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Alqur’an oleh ustadz Dr. Abubakar, S.Pd.I, M Pd. Dilanjutkan laporan dari ketua panitia Dr. Abdul Kallang, disusul sambutan Kepala Desa Carigading Mohammad Ilyas, SH lalu sambutan dekan sekaligus membuka acara dengan resmi. Pembacaan doa dipimpin Ustadz Andi Tahir, S.Pd.I, M Pd. Sebelum pembacaan do’a diadakan pula penandatanganan MoU antara Dekan FUD dengan Kades Carigading sebagai pertanda masuknya desa ini menjadi desa binaan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah. Ini berarti bahwa berbagai kegiatan Tridarma Perguruan Tinggi lainnya siap dikerjasamakan ke depannya baik bidang pendidikan, penelitian maupun pengabdian.

Seminar parenting ini menghadirkan Dekan FUD sebagai pemateri dipandu oleh moderator. Dalam pemaparan materinya, Sarifa menjelaskan tentang pentingnya pengasuhan anak secara adil tanpa membeda-bedakan antara satu anak dengan anak lainnya meskipun jenis kelamin yang berbeda karena semua anak berpotensi tumbuhkembang fisik, psikis, kecerdasan dan skillnya secara sempurna jika mereka diberi kesempatan belajar di bawah bimbingan guru yang tepat.

Sarifa menjelaskan, kesalahan besar orangtua selama ini karena tugas pengasuhan anak hanya dibebankan kepada kaum perempuan dalam hal ini isteri padahal kehadiran ayah dalam mendidik anak itu sangat penting. Seorang anak mengenal karakter tanggung jawab, berani, pantang menyerah, berkuasa, dll. Itu didapat dari ayah. Sementara ibu akan mewariskan kasih sayang, cinta, sabar, ikhlas, teliti, tekun, dll. Karena itu menjalin kebersamaan dalam mengasuh putra putri adalah hal mutlak yang perlu dilakukan segera. Peningkatan gizi keluarga, perlindungan pada penyakit, hingga trik-trik peningkatan ekonomi keluarga pun tak luput dalam pembahasan seminar parenting kali ini.

Sesi akhir acara ini dilaksanakan sosialisasi Fakultas dengan memperkenalkan profil lulusan prodi masing-masing dipandu oleh moderator dalam hal ini Dr. Abubakar, M Pd.(*/asdar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

No More Posts Available.

No more pages to load.